Senin, 21 Juni 2010

Pelatihan Tim Monitoring

Pemantauan adalah kegiatan pengumpulan informasi yang dilakukan secara periodik untuk memastikan apakah suatu kegiatan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Pemantauan adalah proses yang terus menerus dilakukan sepanjang siklus program dimulai dari pelatihan dan sosialisasi, perencanaan pelaksanaan dan pelestarian. Hasil dari kegiatan pemantauan digunakan untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan dan penyesuaian terhadap perencanaan.

Secara umum pemantauan dilakukan melalui berbagai kunjungan lapangan secara berkala, baik untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat maupun dalam rangka pengumpulan informasi biasanya merupakan bagian dari kerja sehari-hari. Seringkali data dikumpulkan melalui diskusi informal dan observasi selama kunjungan lapangan, pertemuan dan lain-lain.

Pelatihan Tim Monitoring ini memiliki beberapa tujuan sebagai berikut :

1. Memastikan pemanfaatan dana PNPM Mandiri Perdesaan agar sesuai dengan prinsip, mekanisme, dan prosedur.

2. Memastikan agar hasil-hasil selama tahapan perencanaan diperoleh melalui proses dan mekanisme yang benar.

3. Agar hasil kegiatan yang dilaksanakan PNPM Mandiri Perdesaan membawa manfaat langsung bagi kesejahteraan RTM secara siginifikan.

4. Memastikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

5. Menjaga agar kualitas dari setiap kegiatan yang dilaksanakan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

6. Memastikan setiap pelaku PNPM Mandiri Perdesaan dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya secara baik dan sesuai fungsinya.

Pelatihan Tim Monitoring dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada hari Jumat, tanggal 18 Juni 2010. Tempat pelaksanaan Pelatihan Tim Monitoring dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Rawalo, Jalan Brigjen HM. Bachroen No. 52 Rawalo. Peserta pelatihan Tim Monitoring atau Pemantau adalah 3 orang perwakilan tokoh masyarakat dari 5 orang Tim Pemantau yang ada pada masing-masing desa dan terdiri dari unsur BPD dan LPMP, tokoh masyarakat setempat yang berasal dari 9 desa yang ada di wilayah Kecamatan Rawalo.

Pelaksanaan pelatihan Tim Monitoring dihadiri peserta dari 9 desa yang ada di Kecamatan Rawalo yang dilaksanakan selama 1 hari. Materi disampaikan oleh narasumber yaitu Fasilitator kabupaten dan fasilitator teknis. Materi yang disampaikan mengenai konsepsi PNPM Mandiri Perdesaan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pengawasan, serta tata cara pelaksanaan kinerja Tim Monitoring. Antusiasme dan keaktifan peserta cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari peserta pelatihan tim monitoring.




0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More